Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 3, No 5: MEI 2018

Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA

Lailin Hijriani (Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Swasono Rahardjo (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)
Rustanto Rahardi (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 May 2018

Abstract

Abstract: The aims of this research is to describe students’ mathematical representation ability in solving PISA test. Data were collected by using test instrument and interview. The test was tested to 31 students and one of them choosen as a research subjects and analyzied by qualitative descriptive technique. The research results are research subject works PISA test which given using by visual and simbolic representation and the lack of accuracy causing the research subject has not constructed a properly created visual and simbolic representation.Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal tes dan wawancara. Soal tes diujikan kepada 31 siswa dan satu siswa dijadikan sebagai subjek penelitian dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu subjek penelitian mengerjakan soal PISA yang diberikan dengan menggunakan representasi visual dan simbolik serta serta kurangnya ketelitian yang dimiliki subjek menjadi penyebab ketidakmampuan subjek untuk mengonstruksi representasi visual dan simbolik secara benar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...