Dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, setiap organisasi akan berusaha untuk meningkatkan kinerja pegawainya. Dalam meningkatkan kinerja pegawainya, berbagai cara akan ditempuh organisasi diantaranya dengan mewujudkan kepuasan kerja pegawai melalui kepemimpinan dan budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor camat Lambu sebanyak 60 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Metode penentuan sampel pada penelitian ini yaitu sampel jenuh. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determinasi, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, serta gaya kepemimpinan dan budaya.
Copyrights © 2022