Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi menyatakan bahwa investasi menjadi urutan ke-4 dari urutan terakhir pada kebutuhan rutin bulanan Generasi Z artinya investasi belum menjadi hal yang penting dikalangan Generasi Z. Dalam hal ini Generasi Z yang belum matang dalam membuat keputusan mengeluarkan uang seringkali melakukan Fomo Spending atau membuang-buang uang terlalu banyak hanya untuk pengeluaran jangka pendek. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan alokasi pendapatan terhadap keputusan berinvestasi pada Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yang merupakan Generasi Z di Jakarta Timur dan penggunaan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling dan MOE. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 120 responden dan dikumpulkan menggunakan kuesioner secara online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda menggunakan software statistik IBM SPSS 2.9. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berinvestasi sebesar 0,379 dan alokasi pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berinvestasi sebesar 0,353.
Copyrights © 2025