Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol. 7 No. 6 (2024): Jurnal Disrupsi Bisnis

Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-wallet, Risiko dan Promosi Penjualan Online terhadap Minat ShopeePay sebagai Metode Pembayaran

Sepiana, Anisyah (Unknown)
Nugraeni, Nugraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian bertujuan guna mengidentifikasi dampak persepsi kemudahan pemakaian e-wallet, risiko, serta promosi penjualan online pada minat ShopeePay selaku metode pembayaran, baik secara terpisah atau bersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah survei, yang berfungsi sebagai sumber data primer melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta . Populasi pada penelitian ini terdiri dari mahasiswa prodi akuntansi Angkatan 2021 di Universitas Mercu Buana yang telah menggunakan e-wallet ShopeePay sebagai metode pembayaran. Sampel diambil dari mahasiswa aktif yang memenuhi kriteria yaitu mereka yang pernah dan masih menggunakan ShopeePay. Teknik pengolahan data dilaksanakan dengan software SPSS 2021. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa secara persial, persepsi kemudahan penggunaan memberikan pengaruh positif serta signifikan pada minat mahasiswa dalam memanfaatkan ShopeePay selaku metode pembayaran. Sebaliknya, pandangan risiko memiliki dampak negatif serta signifikan pada minat mahasiswa untuk memanfaatkan ShopeePay selaku metode pembayaran. Temuan dalam penelitian ini adalah memberikan relevansi praktis kepada perusahaan dompet elektronik agar meningkatkan pengalaman pengguna, meminimalkan risiko keamanan, dan merancang strategi promosi yang lebih efektif. Penelitian ini juga memberikan pemahaman mengenai teoritis yang signifikansi analisis perilaku pengguna dalam proses adopsi teknologi pembayaran secara elektronik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...