Jurnal Disrupsi Bisnis
Vol. 8 No. 2 (2025): Jurnal Disrupsi Bisnis

Pengaruh Fashion Lifestyle, E-WOM, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Thriftme.cloth Boja

Arianti, Retno (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Dharma Ayu, Pitaloka (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Pertumbuhan bisnis di Indonesia saat ini sangat meningkat signifikan terutama pada industri fashion. Hal ini berdampak pada para pelaku bisnis yang dapat menemukan peluang bisnis mereka untuk tumbuh dan berkembang serta mampu beradaptasi pada perubahan tren yang dinamis. Berbagai tren dan gaya hidup tercipta karena pengaruh perkembangan industri fashion yang pesat. Tren pakaian bekas atau thrift sedang menjadi fenomena baru yang berkembang di kalangan masyarakat terutama anak muda. Adapun tujuannya guna mengkaji bagaimana pengaruhnya fashion lifestyle, electronic word of mouth (E-WOM) maupun store atmosphere pada keputusan pembelian di Thriftme.Cloth. Digunakannya non probability dengan metode accidental sampling sebagai tekniknya. 100 responden menjadi jumlah sampelnya pada penelitian ini . Data dianalisis menggunakan PLS.0. Hasil penelitian menegaskan bahwasanya fashion lifestyle tidak mempunyai pengaruhnya yang tinggi pada keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai T statistic 3,852 > 1,96 maupun P Values 0,000 < 0,05, E-WOM tidak mempunyai pengaruhnya yang tinggi pada keputusan pembelian yang dapat dilihat dari T statistics 1.346 < 1,96 dan P Values 0,178 > 0,05 , serta store atmosphere mempunyai pengaruhnya pada keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai T statistic 3,808 > 1,96 maupun P Values 0,000 < 0,05. Nilai R-square 0.938 yang artinya memasuki kategori yang sangat kuat. Adapun kesimpulannya variabel fashion lifestyle dan store atmosphere mempunyai pengaruhnya secara signifikan pada keputusan pembelian di Thrifme.cloth. Sedangkan variabel E-WOM tidak mempunyai pengaruhnya dengan tinggi pada keputusan pembelian di Thriftme.cloth.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DRB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian ...