Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan berfikir kritis siswa setelah penerapan media prezi pada proses pembelajaran materi sistem saraf manusia. Penelitian inimenggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest dan control grup design. Penelitian ini dilaksanakan adalah pada 2 kelas yaitu kelas XI-IPA1 dengan jumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA2 dengan jumlah siswa 24 orang sebagai kelas kontrol. Sebelum dilaksanakan proses pembelajaran dilakukan pretest baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Pada proses belajar mengajar (treatment) media presentasi prezi hanya pada kelas eksperimen, pembelajaran dilakukan masing-masing sebanyak tiga kali pertemuan kemudian diberikan postes. Data peningkatan hasil belajar berupa gain ternormalisasi (N-Gain). Perbedaan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas control dianalisis dengan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan media prezipada proses pembelajaran materi sistem saraf manusia. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media prezi pada materi sistem saraf manusia dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa.
Copyrights © 2015