Jurnal EduBio Tropika
Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EduBio Tropika

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Erdi Surya (Universitas Syiah Kuala)
Khairil Khairil (Universitas Syiah Kuala)
Razali Razali (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep Sistem Pernapasan Manusia melalui pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan “pretest-postest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh . Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 orang dan kelas kontrol sebanyak 30 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah skor kemampuan berpikir kritis siswa. Uji perbedaan dua rerata antara dua kelompok perlakuan menggunakan uji-t. Hasil penelitian, ada perbedaan peningkatan secara signifikan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dibanding kelas kontrol pada taraf α=0,05 yaitu thitung ttabel (3,8 1,67) . Rata-rata N-Gain berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa kelas eksperimen adalah 0,50 dan kelas kontrol adalah 0,46; yang termasuk kategori sedang. Pada umumnya siswa menyatakan senang dengan pembelajaran berbasis masalah karena dapat meningkatkan minat belajar dan mudah dalam memahami konsep.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...