Permasalahan yang ditemui adalah bagaimana proses mengembangan, kelayakan, tahapan-tahapan dan dampak model edukasi pemberantasan Sarang Nyamuk terhadap Pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses mengembangan, mengetahui kelayakan, mendeskripsikan tahapan-tahapan, mengatahui pengaruh model edukasi pemberantasan Sarang Nyamuk terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D), penelitian ini menggunaan desain one group pretest and posttest. Fokus dalam penelitian ini menguji efektifitas model edukasi dengan aplikasi pengingat PSN dalam meningkatkan budaya pemberantasan sarang nyamuk di kota Jambi. Variabel yang diteliti antara lain pengetahuan, sikap dan perilaku. Hasil penelitian ini menghasilkan Model edukasi Pemicuan PSN Mobile yang merupakan model pemicuan lapangan dilanjutkan dengan pemicuan berbasis android, yang telah dinyatakan layak setelah melalui tahapan validasi ahli Ahli IT 94.55% dan praktisi 80% serta layak melalui uji coba satu-satu 93.85%, uji coba kelompok kecil 95%, uji coba kelompok besar 96%. Kesimpulan penelitian bahwa produk Pemicuan PSN Mobile efektif meningkatkan Angka Bebas Jentik di rumah menjadi 100% dalam pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk.
Copyrights © 2025