Noetic Psychology
VOL. 17 NO. 1 JULI - DESEMBER 2015

ASESMEN PSIKO-EDUKASIONAL SEBAGAI DASAR PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Indira, Pinkan Margaretha ( Universitas Kristen Krida Wacana)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2017

Abstract

Abstrak. Anak Berkebutuhan Khusus adalah bagian dari masyarakat Indonesia yang membutuhkan perhatian dan penanganan intensif agar dapat mengoptimalkan potensinya untuk menjadi warga negara yang berkontribusi aktif. Kebijakan di Indonesia telah berupaya mengakomodasinya, tetapi sistematika penanganan di lapangan masih membutuhkan banyak perbaikan. Tulisan ini mengusulkan tahapan asesmen psiko-edukasional sebagai dasar penanganan bagi anak berkebutuhan khusus, berikut dipaparkan tantangan aplikasinya. Kata kunci: asesmen, anak berkebutuhan khusus, psiko-edukasional.

Copyrights © 2015