Di tengah era globalisasi dan modernisasi, kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia telah menciptakan tantangan baru bagi masyarakat dan perusahaan. Fokus utama adalah bagaimana menghadapi tantangan ini dengan efektif. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Selain itu, strategi bisnis yang sukses harus memprioritaskan pasar dan kepuasan pelanggan. Studi ini mengevaluasi peran kepuasan pelanggan dalam mencapai keunggulan kompetitif dan keberhasilan jangka panjang, terutama pada konteks ESQ Jawa Barat yang bergerak di industry pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden adalah warga bandung yang telah mengikuti pelatihan yang diadakan ESQ Jawa Barat 3 tahun kebelakang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif serta Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil survei menunjukkan bahwa kinerja produk pelatihan mendapatkan skor 79%, menandakan kualitas yang baik. Hasil perhitungan CSI juga menunjukkan bahwa 79% pelanggan puas terhadap produk pelatihan ESQ Jawa Barat. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai preferensi pelanggan dan memberikan panduan dalam meningkatkan produk training serta merancang strategi bisnis yang lebih efektif dalam menjaga kepuasan pelanggan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, ESQ, Jawa Barat, Bandung, Customer Satisfaction Index
Copyrights © 2023