Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol 13 No. 2 Agustus 2024

Persepsi Wisatawan Terhadap Budaya Keplek Ilat di Malam Hari: Studi Kasus Food Agripreneurship dan Culture-Local Wisdom Dalam Mendukung Pengembangan Wisata Kuliner di Surakarta

Irawan, Norbertus Citra (Unknown)
Mahananto, Mahananto (Unknown)
Wahyuni, Nurul Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menyoroti dampak food agripreneurship dan culture-local wisdom, terutama keplek ilat, terhadap kepuasan wisatawan dalam menjelajahi kuliner malam di Surakarta. Fenomena keplek ilat telah mendorong perkembangan food agripreneurship dan kearifan lokal, namun belum jelas sejauh mana ini memuaskan harapan wisatawan. Penelitian menggunakan metode studi kasus dan deskriptif dengan lokasi penelitian dipilih secara purposive di Kota Surakarta. Sepuluh titik lokasi penelitian dipilih dengan total responden sebanyak 400 orang. Pengumpulan data melibatkan survei, wawancara, dan kuesioner, dengan analisis data menggunakan interval. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap food agripreneurship dan kearifan lokal, khususnya keplek ilat, secara signifikan memengaruhi tingkat kepuasan kunjungan di Surakarta. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang dinamika interaksi antara agripreneur kuliner, wisatawan, dan budaya lokal dalam konteks kuliner malam di Surakarta. Implikasinya memberikan sumbangan berharga untuk pengembangan strategi oleh pemerintah dan agripreneur guna meningkatkan kualitas serta daya tarik wisata kuliner di Surakarta. Dengan menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan, penelitian ini merangsang refleksi dan tindakan lebih lanjut dalam mengoptimalkan potensi keplek ilat sebagai destinasi kuliner malam yang memikat di Kota Surakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IAB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBISKWU) yang memiliki visi dan misi untuk turut serta memajukan Ilmu bisnis dan kewirausahan. Sejalan dengan visi dan misi tersebut, JEBISKWU menerima dan mempublikasikan hasil pemikiran-pemikiran baik empiris maupun non empiris yang relevan dengan kajian ...