Sistem informasi manajemen komplain merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mengelola dan menangani keluhan atau komplain yang diberikan pelanggan kepada perusahaan. Sistem informasi manajemen komplain dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendapatkan masukkan dari pelanggan dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pelanggan perusahaan. Penyampaian komplain pada PT Jekael Invesco masih berbentuk manual yaitu menggunakan telepon, selanjutnya staf TRM (Tenant Relationship Management) akan melakukan pencatatan secara manual. Pencatatan secara manual ini menimbulkan kesulitan dalam memproses komplain, mulai dari pencarian data, melihat laporan komplain yang berhasil ditangani, melihat komplain yang tertunda dan sekaligus pelanggan juga menjadi sulit untuk mengawasi proses berjalannya penanganan kasus komplain oleh teknisi. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan pada penelitian ini adalah metode RAD (Rapid Application Development) yang dipadukan dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Penulis menganalisis dan merancang sistem manajemen komplain berbasis website untuk memudahkan dalam proses pengajuan dan penanganan komplain. Dengan adanya sistem informasi manajemen komplain, maka dapat mempermudah staf TRM (Tenant Relationship Management) dalam mengawasi proses berjalannya penanganan komplain dan mempermudah dalam pembuatan laporan.
Copyrights © 2024