Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.12, Desember 2016

IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU DI SEKOLAH DASAR

Fifit Humairoh (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Achmad Supriyanto (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Burhanuddin Burhanuddin (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

This research aimed to help teachers reinforce their teaching skills in the classroom. This study was a qualitative research with case study design, it also uses the supervision instrument. Data collection was done using observation, interviews, and documentary study with used descriptive data analysis. The results showed that the implementation of clinical supervision in three cycles to improve the teaching quality runs well and affects greatly to the quality of teacher teaching and learning in the classroom.Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam meningkatkan keterampilan mengajarnya di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus menggunakan instrumen supervisi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi klinis melalui tiga siklus dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di sekolah dasar telah berjalan dengan baik dan sangat memengaruhi kualitas pembelajaran guru saat kegiatan belajar mengajar di kelas.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...