Maharoepa Art Project adalah salah satu badan usaha yang bergerak dalam bidang seni yaitu busana dan tari. Perkembangan usaha di zaman sekarang semakin beragam, maka dari itu setiap pengusaha memiliki strategi masing-masing untuk meningkatkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi pemasaran yang bersaing unggul dan tepat dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threats) pada usaha Maharoepa Art Project. Hasil analisis matriks IFE menunjukkan nilai tertingginya “Memiliki busana fesyen bernuansa etnik modern” yaitu sebesar 0,572 sedangkan hasil analisis EFE menunjukkan nilai tertinggi “Target belum dalam cakupan luas” yaitu sebesar 0,72. Dilihat dari hasil analisis matriks IE posisi usaha Maharoepa Art Project menunjukkan Growth and Build (tumbuh dan bina) karena berada pada posisi II. Variasi strategi yang cocok adalah Intensif atau Integrasi. Sedangkan menurut hasil kuadran SWOT posisi usahanya berada pada kuadran II yaitu strategi generic combination. Oleh karena itu, dalam usaha ini strategi generik yang akan digunakan adalah combination. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dalam sebuah usaha sudah memikirkan strategi apa yang tepat digunakan dalam proses meningkatkan usaha/bisnis tersebut sehingga metode-metode yang digunakan ditujukan kepada target pasar yang tepat. SWOT Analysis in Determining Marketing Strategy (Case Study: Maharoepa Art Project) ABSTRACT Maharoepa Art Project is one of the business entities engaged in art, namely fashion and dance. Business development currently is increasingly diverse, because of that every entrepreneur has their own strategy to improve their business. This study aims to formulate a superior and appropriate competitive marketing strategy using the SWOT analysis method (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) in the Maharoepa Art Project business. The results of the IFE matrix analysis showed the highest value of "Having modern ethnic fashion clothing" which was 0.572 while the results of the EFE analysis showed the highest value of "Target not yet in broad coverage" which was 0.72. Judging from the results of the IE matrix analysis, Maharoepa Art Project's business position shows Growth and Build because it is in position II. A suitable strategy variation is Intensive or Integration. Meanwhile, according to the results of the SWOT quadrant, its business position is in quadrant II, which is a generic combination strategy. Therefore, in this effort the generic strategy that will be used is combination. The benefit of this research is that it is expected to have thought about what strategies are right to use in the process of improving the business/business so that the methods used are aimed at the right target market.
Copyrights © 2024