Produk atau jasa pada suatu industri memiliki atribut berkaitan dengan kualitas yang digunakan sebagai alat ukur. Artikel ini memiliki tujuan untuk menyusun instrument untuk mengukur standar kualitas terhadap industri katering khususnya pada aqiqah. Metode yang digunakan terdiri dari FGD untuk menyusun instrument SERVQUAL. Instrument tersebut akan diteliti terhadap pelanggan untuk menemukan voice of customer sehingga tersusun instrument kualitas pada industri katering aqiqah. Batasan penelitian ini hanya untuk menyusun instrument standar kualitas berdasarkan voice of customer. Sample yang digunakan pada penelitian ini merupakan salah satu usaha aqiqah di Kabupaten Tangerang. Sample terdiri dari pelanggan usaha tersebut. Berdasarkan hasil dariĀ penelitian, instrument yang disusun dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas pada usaha tersebut. Hal ini didasari oleh nilai median pada seluruh instrument yang disusun memiliki nilai 4 (setuju). Sedangkan instrument keramahan, klasifikasi harga dan fasilitas yang lengkap memiliki nilai median 5 (sangat setuju). Dengan begitu instrument kualitas aqiqah yang telah disusun dapat digunakan untuk mengukur kualitas pada usaha tersebut.
Copyrights © 2024