Penelitian ini menjelaskan tentang Capstone Project yang bertujuan untuk mengatasi permasalahanpelayanan publik di Desa Sukapura melalui digitalisasi menggunakan aplikasi mobile. Saat ini, pelayanan publik didesa tersebut masih bersifat konvensional dan belumsepenuhnya terdigitalisasi. Untuk mengatasi hal ini, Capstone Project ini menghadirkan solusi efektif berupa sistemdigitalisasi pelayanan desa dengan aplikasi mobile yang mudahdiakses oleh masyarakat dan perangkat desa. Proyek ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu mendetilkan permasalahanyang ada, menawarkan solusi yang efektif, dan mengimplementasikan pelayanan publik yang terdigitalisasimelalui aplikasi mobile. Untuk memastikan kualitas aplikasiyang diusulkan, dilakukan pengujian alpha testing dan betatesting. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi iniditerima dengan baik oleh pengguna potensial dan fitur-fituryang ditawarkan mampu meningkatkan efisiensi danefektivitas pelayanan publik di Desa Sukapura. Dalam prosesimplementasi, dukungan regulasi dan penggunaan OpenSIDsangat berperan dalam kesuksesan digitalisasi pelayananpublik di Desa Sukapura. Keberadaan aplikasi mobile inidiharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitaspelayanan publik serta memberikan kemudahan bagimasyarakat untuk mengakses layanan tanpa harus datang kekantor desa secara fisik, sehingga menghemat waktu dantenaga. Dengan adanya Capstone Project ini, diharapkanterjadi perubahan positif dalam meningkatkan kualitaspelayanan publik dan memajukan desa menuju ke arah yang lebih modern dan efisien. Kata kunci— Capstone Project, Digitalisasi, Aplikasi Mobile, Pelayanan Publik, Desa Sukapura
Copyrights © 2024