Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan ekonominasional. Saat ini, UMKM diharapkankan dapat meningkatkandaya saing melalui inovasi. UMKM Ar-Riaz merupakan usahayang bergerak di bidang konveksi yang menjual baju kokomuslim laki-laki, jubah gamis dan mukena. Jangkauan pasaryang dapat dicapai dengan WOM sangat terbatas. Tujuan daripenelitian ini adalah UMKM Ar-Riaz ini sangat tergantungpada pembeli yang akan kembali membeli produk mereka danpromosi yang dilakukan oleh pelanggan dengan menggunakanstrategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan metodeQSPM. Dalam perancangan strategi ini dilakukan dikarenakantarget penjualan tidak terpenuhi untuk setiap bulannya,terdapat produk musiman yang akan dibeli untuk hari raya idulfitri. Terdapat beberapa langkah yang melibatkan beberapamatriks analisis seperti factor internal dilakukan denganmenganalisis Marketing Mix (5P) dan melakukan wawancarakepada owner serta karyawan. Dan untuk factor eksternaldilakukan dengan mengguanakan analisis PEST untukmembantu UMKM Ar-Riaz menemukan strategi yang efektifdan efisien untuk melakukan komunikasi pemasaran.Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkanperhitungan nilai Total Attractiveness Score (TAS) denganstrategi alternatif yang telah disetujui yaitu melakukanpenjualan dengan menggunakan online selling dengan livestreaming pada media e-commerce seperti Shopee atau TikTodengan niali TAS tertinggi sebesar (6,8037), Menambahkanstok ketersediaan produk di Gudang (6,3829), Penambahanwarna pada setiap produk untuk menarik pangsa pasar(6,0693). Kata kunci — Strategi Pemasaran, UMKM, Analisis SWOT, QSPM
Copyrights © 2024