eProceedings of Engineering
Vol. 11 No. 3 (2024): Juni 2024

Perancangan Strategi Pemasaran Pada Cipta Decoration Dengan Menggunakan Metode Qspm

Septian, Fariz (Unknown)
Praptono, Budi (Unknown)
Arini, Isnaeni Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Cipta Decoration merupakan salah satuUMKM yang bergerak dibidang dekorasi yang berada diKota Medan Sumatera Utara. Total pendapatan CiptaDecoration di setiap bulannya dari bulan Agustus 2021hingga Juli 2022 mengalami penurununan sehingga tidakmemenuhi target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu,Cipta Decoration harus menentukan perencanaanstrategi baru yang dapat di terapkan agar meningkatkanhasil pendapatan dan memenuhi target yang telahditetapkan di setiap bulannya. Rancangan strategipemasaran baru yang di tetapkan Cipta Decorationmenggunakan metode Quantitative Strategic PlanningMatrix (QSPM), pemilihan metode tersebut didasarkanbeberapa faktor yaitu kekuatan, kelemahan, peluang,dan ancaman usaha. Penerapan analisis SWOT jugadilakukan untuk mendapatkan alternatif strategi yangdiperoleh dari faktor internal dan faktor eksternalperusahaan. Informasi dan data yang digunakan yangdigunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primerdan data sekunder, alat yang digunakan untukmelakukan analisis adalah matriks IFE (Internal FactorEvaluation), matriks EFE (External factor Evaluation),matriks IE (Internal-External), matriks SWOT (Strenght,Weakness, Oppurtunities, Threats), dan QSPM(Quantitative Strategic Planning Matrix). Kata Kunci: Strategi Pemasaran, QSPM, Analisis SWOT

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...