Integrasi nilai kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajar pancasila intinya peserta didik diajarkan menyelesaikan projek yang disiapkan oleh guru dengan mengusung kearifan lokal. Paradigma dalam kurikulum merdeka mencoba menggali kompetensi siswa melalui minat dan bakatnya dengan menggali keragaman global yang ada di lingkungan peserta didik agar peserta didik mengalami pengalaman belajar, internalisasi nilai, belajar sepanjang hidup dan mempertahankan kompetensi yang dimilikinya dengan karakter kuat berdasarkan nilai-nilai Pancasila yang diajarkan melalui nilai-nilai kearifan lokal yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan integrasi nilai-nilai kearifan lokal Bojonegoro memalui konsep profil pelajar pancasila sehingga nantinya dapat diimplementasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kepustakaan (study literature). Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa tahapan dalam mendesain projek penguatan profil pelajar pancasila berbasis tema kearifan lokal, antara lain: 1) Proses perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, 2) Proses mengidentifikasi kesiapan Madrasah dalam menjalankan projek, 3) Menentukan dimensi, tema, dan alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, 4) Menyusun modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, 5) Tahap terakhir adalah pengembangan asesmen projek penguatan profil pelajar pancasila. Penanaman pendidikan melalui proyek profil pelajar Pancasila yang diintegrasikan dengan kearifan lokal adalah langkah yang tepat karena selain menanamkan karakter juga menanamkan nilai-nilai budaya lingkungan sekitar.
Copyrights © 2023