Merebaknya virus Covid-19 diberbagai penjuru dunia khususnya di Kota Kendari menyebabkan terjadinya perubahan yang sangat signifikan terhadap pendapatan para pelaku usaha mikro yang berada di Eks MTQ Kota Kendari bahkan ada beberapa yang menutup sementara usaha yang dijalani.Sehingga hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk mengetahui strategi peningkatan usaha yang dilakukan pelaku usaha mikro di Eks MTQ Kota Kendari pada masa pandemi Covid-19 dan perspektif etika bisnis Islam terhadap strategi peningkatan pelaku usaha mikro Eks MTQ Kota Kendari.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan metode yang digunakan melalui metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi.teknik analisis data yang digunakan adalah verifikasi. Dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triagulasi sumber.Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi peningkatan usaha yang dilakukan pelaku usaha mikro Eks MTQ Kota Kendari yaitu dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, beralih ke penggunaan media online, dan menerapkan promo pada penjualan. Dan strategi peningkatan usaha yang dilakukan pelaku usaha Eks MTQ Kota Kendari telah sesuai dengan perspektif etika bisnis Islam yakni diantaranya kejujuran, amanah, adil, tidak melakukan gharar, dan tidak melakukan penimbunan barang namun sebagian ada yang masih belum menunaikan shalat lima waktu sebagai kewajibannya.
Copyrights © 2021