Abdimisi
Vol. 6 No. 1 (2024): Abdimisi

TIPS MENABUNG MENUJU MASA DEPAN LEBIH BAIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 41 (SMKN 41) JAKARTA

Adi Supriadi (Unknown)
Ujang Syaifudin Sumaji (Unknown)
Muhammad Arif Adriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Literasi finansial tidak hanya berhubungan dengan bagaimana mengelola keuangan (pendapatan dan pengeluaran), tetapi juga berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko agar dapat membuat keputusan yang efektif dan tepat. Edukasi literasi keuangan merupakan sebuah pemahaman yang komprehensif serta mendalam tentang pengelolaan keuangan pribadi. Pengenalan literasi keuangan terhadap anak dapat dilakukan dengan mengenalkan anak terhadap nilai-nilai uang beserta budaya untuk menabung. Pentingnya arti menabung bagi siswa sekolah bukan hanya untuk mempunyai uang sendiri, tetapi terbiasa dengan manajemen diri yang kokoh agar dapat menjadi orang yang bijak mengatur keuangannya, tidak hidup berlebihan atau boros, dapat berpikir antisipatif terhadap keadaan yang tidak terduga serta mampu mengelola keuangan di masa yang akan datang. Tujuan Menabung Membiasakan diri hidup hemat. Hidup hemat berarti tidak boros. Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini adalah tatap muka langsung yang bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 41 Jakarta. Metode pengabdian masyarakat kali dengan cara memberikan tanya jawab penuh seputaran tips menabung. Luaran yang dicapai pada pengabdian masyarakat kali ini Jurnal Pengabdian Unpam dan desiminasi. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya siswa SMKN 41 Jakarta, dimana mereka bisa memiliki pemahaman terkait dengan bagaimana pentingnya menabung untuk masa depan di mulai dari saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ABMS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Abdimisi is a journal that contains a collection of articles from academics/lecturers who have performed Community Service as the fulfillment of the Tri Dharma of Higher Education. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, economics, ...