Pembelajaran konversi bilangan sering kali dipandang sebagai hal yang abstrak dan sulit dimengerti saat diajarkan dengan metode konvensional seperti ceramah, sehingga mengakibatkan rendahnya motivasi dan partisipasi mahasiswa. Dalam konteks pendidikan, pemahaman tentang konversi bilangan sangat krusial, terutama dalam bidang pemrograman komputer, di mana peserta didik harus mengkonversi nilai dari desimal ke biner untuk berinteraksi dengan perangkat keras. Studi ini bertujuan untuk merancang, melaksanakan, dan menganalisis efektivitas media pembelajaran yang berbasis film guna meningkatkan pemahaman tentang konversi bilangan. Metode yang diterapkan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Satu Kelompok pada 6 mahasiswa Teknik Informatika di STMIK Cilegon Rajawali. Media film dibuat dengan mengikuti langkah-langkah dari model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji-t, dan N-Gain. Implementasi media pembelajaran film terbukti dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa secara signifikan. Peningkatan ini terjadi karena media film mampu menyajikan konsep abstrak secara visual dan terstruktur, yang secara tidak langsung melatih mahasiswa untuk berpikir algoritmik
Copyrights © 2025