Agar tetap memberikan layanan yang baik dan meningkatkan pemasukan, serta dapat bersaing, maka klinik perlu meningkatkan efisiensi biaya operasional dan memaksimalkan pemanfaatan fasilitas yang dimiliki. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan analisa kunjungan pasien untuk tetap dapat memberikan layanan kesehatan dan meningkatkan kualitas layanan, serta mendukung proses pengambilan keputusan. Dengan analisa kunjungan pasien akan dapat diperoleh informasi terkait jumlah pasien, jenis kunjungan, dokter yang menangani pasien, kelompok pasien, dan berbagai informasi lain yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas pengambilan keputusan dan peningkatan jumlah keputusan. Selanjutnya untuk mendukung pengambilan keputusan terkait dengan kunjungan pasien yang dapat ditampilkan dalam berbagai dimensi, perlu dirancang dan dibangun sebuah Business Intelligence Dashboard yang dapat membantu klinik dalam melakukan analisa kunjungan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Business Intelligence Dashboard agar dapat membantu pengelola klinik dalam melakukan analisa kunjungan pasien, agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan terkait dengan layanan kesehatan.
Copyrights © 2025