penjelasan guru, peserta didik yang kurang mandiri dalam pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik pun masih kurang pelajaran sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran NHT. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna di kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan menggunakan model pembelajaran numbered head together. Aktivitas guru dan peserta didik pada materi Asmaul Husna melalui penggunaan model pembelajaran numbered head together di kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan. Respon peserta didik pada pada materi Asmaul Husna melalui penggunaan model pembelajaran numbered head together di kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data sumber penelitian adalah peserta didik kelas VIIUPTD SMP Negeri 1 Peusangan Selatan berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan dan uji persentase jawaban pengamat dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 64,70% dan siklus II diperoleh 88,24 mengalami peningkatan sebesar 23,54%. Hal ini, berarti pembelajaran menggunakan Numbered Head Together sudah dapat meningkatkan hasil belajar konsep siswa pada materi Asmaul Husna. Hasil aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi siklus I dan II mengalami peningkatan dari pihak guru pada siklus I persentase sebesar 69,17% pada siklus II naik menjadi 83,89% ke siklus II. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I 67,50% juga mengalami peningkatan pada siklus II menjadi82,78% ke siklus II. Hasil respon siswa yang diperoleh bahwa pada kategori ya diperoleh presentase sebesar 79,87% dan tidak sebesar 20,13%. Hal ini terlihat, dari keiikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran selama guru menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Siswa senang dan menyukai belajar menggunakan model pembelajaran
Copyrights © 2024