Desa Wisata kini telah menjamur di berbagai daerah, termasuk di Sumedang yaitu Kampoeng Ciherang sebagai bentuk komitmen swadaya masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonominya. Namun seringkali desa wisata tidak berjalan baik karena SDM yang belum terlatih, maka dibutuhkan suatu pemberdayaan terhadap beberapa aspek agar desa wisata mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pelatihan, peran fasilitator serta pembiayaan, peran fasilitator untuk pemasaran agrowisata dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberdaaan ekonomi masyarakat melalui agrowisata di Kampoeng Ciherang berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat kerena terbukanya lapangan pekerjaan. Melalui peran pelatihan berupa pelatihan budidaya tanaman, ikan nila, ekonomi kreatif. Peran fasilitator dalam pembiayaan yaitu pemerintah desa didukung oleh investor dalam pembangunan lahan destinasi wisata berbasis agrowisata. Peran fasilitator untuk pemasaran mengalami kemajuan karena dilakukan melalui media sosial dan media cetak sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung.
Copyrights © 2023