Justika : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025

Adaptasi Strategi Digital Marketing Menuju Break-Even Point: Studi Grounded Theory pada UMKM Manufaktur-Retail

Rahayu, Yuri (Unknown)
Hudin, Jamal Maulana (Unknown)
Riyanto, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses adaptasi strategi digital marketing pada UMKM sektor manufaktur, dengan fokus pada pencapaian Break-Even Point (BEP). Dalam kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian dan meningkatnya kompetisi digital, pelaku UMKM dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi pemasaran digital guna mengatasi keterbatasan modal dan akses pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan grounded theory berbasis kajian literatur dan data sekunder dari berbagai studi kasus dan laporan riset terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang diterapkan UMKM manufaktur mencakup efisiensi biaya promosi, peningkatan jangkauan pasar, akurasi segmentasi, serta pemanfaatan data analytics untuk pengambilan keputusan. Adaptasi ini secara signifikan berkontribusi terhadap percepatan pencapaian BEP. Temuan ini memperkaya kajian strategi pemasaran digital dalam konteks UMKM manufaktur serta menawarkan kerangka konseptual bagi pelaku usaha dan pembuat kebijakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

justika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JUSTIKA: Jurnal Sistem Informasi Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi) yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi. Jurnal ini berisi tentang karya ...