ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bina gerak melalui pendekatan teori disiplin mental siswa cerebral palsy Kelas III SDLB. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III D SDLB Tegar Harapan Sleman yang berjumlah 3 siswa. Prosedur penelitian meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui pendekatan disiplin mental dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bina gerak pada siswa cerebral palsy kelas III D SDLB Tegar Harapan Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015.Hal ini dibuktikan melalui pencapaian indikator pembelajaran prasiklus 47.92% siswa mampu menggerakkan kaki dan tubuhnya, meningkat 68.75% pada siklus I dan 89.58% pada siklus II. Kata kunci: Cerebral palsy, pendekatan disiplin mental, pembelajaran bina gerak. This research aims to improve the learning quality of bina motion throughmental discipline approachfor cerebral palsy students in 3rd class of SDLB. This research is a classroom action research. The subjects of this research are 3rdstudents of III D SDLB Tunas Harapan Sleman (3 students). Research procedure includes four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. Technique of collecting data is through observation, interviewing, and documentation. Analyzing data uses quantitative descriptive technique with percentages. The conclution of this researchis that the learning quality of cerebral palsy students in 3rdclass of III D SDLB TunasHarapanSleman (2014/2015 academic year) can be improvedthrough mental discipline approach. Its evidencesarelearning indicators achievement: 47.92% of students are able to move their legs and body in pre-cycle, 68.75% in the 1st cycle and 89.58% in the 2nd cycle. Keywords: cerebral palsy, mental discipline approach, learning bina motion.
Copyrights © 2014