ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh komite sekolah terhadap kinerja guru,2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3) pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan 4) pengaruh komite sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan supervisi akademik kepala sekolah secara bersama terhadap kinerja guru SD.Populasi penelitian ini adalah guru SD se-Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobotahun pelajaran 2013/2014, berjumlah 300 guru. Sampel penelitian adalah 150 guru yang diambil dengan teknik proportional random sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda dengan tiga prediktor.Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan komite sekolah terhadap kinerja guru, dengan t-hitung sebesar 2,444 pada p=0,016; 2)ada pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan t-hitung sebesar 2,609 pada p=0,010;3) ada pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan t-hitung sebesar 3,701 pda p=0,000 dan; 4)ada pengaruh yang positif dan signifikan komite sekolah, kepemimpinan dan supervisi akademik kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD, dengan F-hitung sebesar 9,526 pada p=0,000. Pengaruh komite sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 16,4%. Kata Kunci: komite sekolah, kepemimpinan, supervisi akademik kepala sekolah, kinerja guru. This research aims to determine: 1) the influence of the school committee on teacher performance, 2) the impact of school headmaster leadership on teacher performance, 3) the influence of academic supervision principals on teacher performance, and 4) the influence of the school committee, school headmaster leadership, and academic supervision principals together on the performance of elementary school teachers. The population of this research is elementary school teachers in Kepil, Wonosobo (2013/2014 school year), 300 teacher which are taken 150 teachers as sample by using proportional random sampling technique. Research data is collected by using questionnaires. The data is analyzedby using multiple regressions with three predictors. The results shows: 1) there is a positive and significant effect of school committees on teachers performance, with the t-test of 2.444 at p = 0.016; 2)there is a significant and positive impact of school headmaster leadership on teacher performance, with the t-test of 2.609 at p = 0.010; 3) there is a positive and significant influence of academic supervision principals on teacher performance, with the t-test of 3.701 pda p = 0.000 and; 4) there is a positive and significant effect of school committees, leadership, and academic supervision elementary school teachers performance, with the F-count of 9.526 at p = 0.000. The influence of school committees, school leadership, and academic supervision principals on teachers’ performance is about 16.4%. Keywords: school committee, leadership, academic supervision principal, teachers’ performance.
Copyrights © 2014