Journal of Economics and Business UBS
Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue

Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Perikanan di Desa Sathean

Maria Ngabalin, Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Pandemi covid-19 telah menghadirkan berbagai tantangan khususnya bagi Nelayan sebagai pelaku UMKM. Cara melakukan pemasaran online dari offline memaksa UMKM untuk dapat mengikuti perubahan tersebut. Saat ini, Data yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan sebanyak 87% usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia telah menggunakan internet dalam berbisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan digital marketing dapat digunakan oleh Nelayan pada Desa Sathean dan apa kendala yang dihadapi saat menerapkan digital marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara terstruktur, wawancara mendalam, dan observasi terhadap pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing dilakukan dengan memposting produk di media sosial seperti Facebook dan status Whatsapp belum maksimal dan Kendala yang dihadapi dalam menerapkan digital marketing adalah masalah internal yakni kurangnya SDM pada Nelayan sebagai pelaku usaha dalam pelaksanaan promosi di media social serta koneksi internet yang belum stabil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan ...