PIPS
Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Sosialita

PENGARUH METODE SIMULASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV

Samsi Haryanto, Sunaryo and (PIPS S2)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2016

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara metode simulasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas IV. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan cara pengolahan data ANAVAdua jalan dan dilanjutkan dengan uji schafee. Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi pengaruh antara metode simulasi dan motivasi belajar terhadap prestasi pembelajaran IPS yang dibuktikan dengan Fhitung 13,257 (p=0,001). Artinya, siswa yang bermotivasi tinggi dan diberi pelajaran dengan metode simulasi memiliki prestasi belajar IPS lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi tinggi dan diberi pelajaran dengan metode konvensional.Berdasarkan hasil uji schafee, ternyata metode simulasi dan motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar Mata Pelajaran IPS.   Kata kunci: metode simulasi, motivasi belajar, dan prestasi belajar IPS This study aims to determine the effect of interaction between simulation methods and learning motivation toward IPS achievement study of 4thgrade students. This research is a kind of quantitative experiments with ANOVA as data processing path and proceeds with the schafee test. The results show that there is an interaction effect between simulation method and motivation toward IPS learning achievement as evidenced by Fcount 13.257 (p = 0.001). It means that students who have high motivation and be taught using simulation method being better in IPS learning achievement than students who have high motivation and be taught using conventional method. Actually, based on the schafeetest results, simulation method and high learning motivation can improve IPS learning achievement. Keywords:             simulation method, learning motivation and learning achievement IPS

Copyrights © 2014