Journal of Economics and Business UBS
Vol. 13 No. 3 (2024): Special Issue

Pengaruh Word of Mouth dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan Oleh Generasi Z di Jakarta Selatan

Hanafah, Hanafah (Unknown)
B. Say , Alfonsus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu adanya fenomena pertumbuhan bisnis dibidang minuman kopi. Dimana industri kopi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yakni sebesar 250% (Menko Airlangga dalam pidato Opening ceromony Indonesia premium coffee expo & forum 2022). Hal ini didorong dengan adanya tren pola konsumsi kopi oleh generasi z yang total populasinya cukup besar yakni 565, 9 ribu jiwa pada sensus penduduk tahun 2020 (Badan Pusat Statistik, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Word of Mouth dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kennagan oleh Generasi Z di Jakarta Selatan. Data yang digunakan ini adalah hasil kuesioner yang disebarkan langsung pada bulan Maret 2024. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling, di mana peneliti telah menetapkan beberapa kriteria. Ada 100 responden dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Word of Mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 9.990 > t table 1.984 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0.05, harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 10.054 > t table 1.984 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, Word of mouth dan harga secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung 73.639 > 3.09 f tabel dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan ...