PIPS
Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Sosialita

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PAKEM DIBANDINGKAN DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPS

Kodiran, Lily Supriyatin and (PIPS S2)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2016

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)hasil belajar siswa menggunakan pendekatan konvensional,2)hasil belajar siswa IPS dengan pendekatan  Pakem, 3)efektivitas pendekatan Pakemdibandingkan denganpendekatan konvensional dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IX di SMP PGRI 1 Sempor Kabupaten Kebumen tahun 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest posttest kelompok kontrol tanpa acak (pretest-posttest control group design).Teknik analisis data menggunakan rumus t-test  dua  sampel berpasangan (paired sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konvensional berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 75,94; 2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatanPakem berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata 92,06; 3) terdapat perbedaan signifikan dalam pembelajaran IPS pada siswa yang menggunakan pendekatan Pakem dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil rerata pretest kelompok eksperimen 52.28 dan posttest 92.06 sedangkan hasil rerata kelompok kontrol pretest 43.14 dan rerata posttest75.94.   Kata kunci: pendekatan konvensional, pendekatan pakem.     This study aims to determine: 1) students learning results using conventional approaches, 2) students learning results in IPS using with CTL approach, 3) the effectiveness of CTL approach compared to the conventional approach in teaching IPS in class IX in SMP PGRI 1 Sempor Kebumen (2014/2015 academic year). This researchis an experimental study. The subjects of this study are 36 students. A quasi-experimental design used in this research is pretest-posttest control group design. Data of this research are analyzed using paired samples t-test. The results show that: 1) students learning results in IPS are good by using conventional approaches category in average value 75,94; 2) students learning results in IPS are excellent by using CTL approach in average value of 92.06; 3) There are significant differences in students IPS learning between using CTL approach and conventional approaches. It can be seen from the mean of the experimental group pretest 52.28 and posttest 92.06, meanwhile the average of the control group pretest 43.14 and posttest 75.94. Keywords: conventional approaches, ctl approach.

Copyrights © 2014