PIPS
Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Sosialita

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS SEJARAH BERBASIS CRITICAL PEDAGOGY DI SEKOLAH

Muhammad Iqbal Birsyada, Muhammad Iqbal Birsyada and (PIPS S2)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2016

Abstract

ABSTRAK Pendidikan IPS menempati posisi yang sangat penting dalam  pengembangan pendidikan di Indonesia. Posisi penting itu adalah dalam rangka menumbuh kembangkan perserta didik menjadi manusia yang memiliki kecerdasan sosialuntukmenjadi warga negara yang baik. Pergantian kurikulum pendidikan membuat pendidik pengampu mata pelajaran IPS memerlukan terobosan pendekatan pengajaran yang lebih merangsang minat peserta didik dalam belajar IPS di sekolah. Untuk merangsang minat belajar IPS, para perserta didik harus didekatkan dengan isu-isu sosial di sekitar lingkunganya sehingga timbul kesadaran kritis yang konstruktif serta kritis dalam memandang persoalan-persoalan sosial dalam masyarakat. Dalam hal inilah model pendidikan IPS haruslah bersifat konstruktif dan kritis. Peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran  tidaklah lagi terdominasi oleh setiap instruksi dan wacana pemikiran dari guru. Namun, perserta didiklah yang akan mengkonstruksi pengetahuanya sendiri secara sadar dan kritis tanpa dominasi dari siapapun. Artikel ini ingin memberikan pandangan pemikiran tentang model pendidikan IPS berbasis critical pedagogydi sekolah.Pendekatan critical pedagoy dapat mengantakan peserta didik menjadi pribadi warga negara yang baik secara kritis dan bertanggungjawab.   Kata kunci: pendidikan, IPS, critical pedagogy, sekolah   Social science plays an important roles in the development of Indonesian educational system. It supports the students to gain the competency of well human being and citizenship.The reconstruction of the curriculum for several times makes the teacher of social science studies think an alternative methodology of teaching. This alternative methodology shoul be constructive and critical.  To stimulate the students learning interest, they are needed to be brought closer to the social issues around their environtment. It is expected to construct their critical awareness to their communities. They are not longer dominated by the teacher in the learning process. The teacher just provides the discourse and facilitates them to have some critical pedagogy activities.The aim of this article is to give an overview of Social Science learning process based on the critical pedagogy model. This theory supports a critical pedagogy development which brings the students become a good critically and responsibility citizen. Keywords : education, social studies, constructivism, school

Copyrights © 2014