ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan metode sosiodrama, 2) meningkatkan rasa percaya diri belajar siswa dengan penerapan metodesosiodrama, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan metode sosiodrama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP N 2 Tepus yang berjumlah 32 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan: 1) motivasi belajar siswa, pada prasiklus ada 5 siswa (15.62 %), siklus I ada 19 siswa (59.37%), dan siklus II ada 26 siswa (81.25%); 2) rasa percaya diri siswa,pada prasiklus ada 8 siswa (9,37%), siklus Iada 12 siswa (37,5 %), dan siklus II ada 27 siswa (84.38%); 3) prestasi belajar siswa, pada prasiklusada 12 siswa (37,5 %), siklus I ada 20 siswa (62,50%), siklus IIada 32 siswa (100%). Kata Kunci: motivasi belajar, rasa percaya diri, prestasi belajar, metode sosiodrama This study aims to 1) increase student motivation by the application of socio-drama method, 2) increase the confidence of student learning with the application of socio-drama method,3) improvestudent achievement in IPS with the application of socio-drama method. The research subjects are32 students of class IX A SMP N 2 Tepus. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The method of collecting data is observation, questionnaires, and tests. The analysis of data uses qualitative descriptive with percentages. Based on the results of this research, it can be concluded that the application of socio-drama in IPS can improve: 1) students' learning motivation in pre-cycle are 5 students (15.62%), 1st cycle are 19 students (59.37%), and 2nd cycle are 26 students (81.25%); 2) students’ self confidencein pre-cycle are 8 (9.37%), 1st cycle are 12 students (37.5%), and 2nd cycle are 27 students (84.38%); 3) students’ learning achievement in pre-cycle are 12 students (37.5%), 1st cycle are 20 students (62.50%), and 2nd cycle are 32 students (100%). Keywords: learning motivation, self-confidence, learning achievement, socio-drama method
Copyrights © 2014