PIPS
Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Sosialita

PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUKMENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PPKn

John. Sabari, Amani Sri Marhaeni E and (PIPS S2)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2016

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan motivasi beraktivitas peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran kooperarif model examples non examples.Penelitian ini dilakukan pada peserta didikkelas VIII A SMP N 2 Godean Sleman yang berjumlah 32 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif untuk hasil prestasi belajar dan data kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata nilai pada: (1)tahap awal adalah 61,38 oleh 4 orang  (12,5%)peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM, 75); (2) siklus I menjadi 73,03 oleh 13 orang (40,63%) peserta didik yang mencapai KKM; dan(3) siklus II menjadi 81,78 oleh 30 orang (93,75%)peserta didik telah mencapai KKM.Sementaraitu, peserta didik yang belum mencapai KKM ada 2 orang(6,22%). Untuk hasil motivasi beraktivitas pada peserta didik terjadi peningkatan: (1)pada prasiklus terdapat 1 orang (3,13%)peserta didik yang aktif; (2) siklus I terdapat 2 orang (6,25%)peserta didik yang aktif;dan (3) pada siklus II terdapat 25 orang (78,13%)peserta didik yang aktif dan telah memenuhi indikator kinerjanya sebesar 75% peserta didik sangat aktif mengikuti pembelajaran.   Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model examples non examples, prestasi belajarPPKn.     This research aims to improve students’ learning achievement and creativity motivation using cooperative learning method with examples non examples model. This research is conducted on 32 students of class VIII SMP N 2 Godean Sleman. Data are analyzed using quantitative analysis to the results of learning achievement and qualitative. Results of this study show the average value in: (1)pre-cycle, there are 61.38 by 4 students(12.5%) who achieve a minimum completeness criteria (KKM, 75); (2) 1st cycle, there are 73.03 by 13 students(40.63%) who achieve KKM; and 2ndcycle become 81.78 by 30 students(93.75%)who have achieved KKM. Meanwhile, there are still 2 students (6.22%) who have not reached KKM yet. For the results of students’ activity motivation increased: (1) in pre-cycle, there is just 1 student(3.13%); (2) then, in 1st cycle there are 2 students (6.25%); and (3)become 25 students (78.13%) in 2nd cycle and It has met its performance indicator amounted to 75% of very actively studentsin learning participation. Keywords:             cooperative learning, examples non examples model, PPKn learning achievement.

Copyrights © 2014