INTISARI Â Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor (faktor budaya, kelompok acuan, kondisi ekonomi, dan pengetahuan) yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Kota Yogyakarta dan untuk mengidentifikasi pengetahuan konsumen terhadap sayuran organik dalam rangka keamanan pangan di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Variabel-variabel dalam penelitian ini meliputi budaya, kelompok acuan, kondisi ekonomi, dan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya, kondisi ekonomi, dan pengetahuan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli sayuran organik sedangkan kelompok acuan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli sayuran organik. Tingkat pengetahuan konsumen terhadap sayuran organik berada pada kategori tinggi. Â Kata kunci: perilaku konsumen dan sayuran organik
Copyrights © 2016