Di masa digital ini mayoritas orang menghabiskan waktu luangnya di internet dengan mencari konten hiburan yang ada di Internet. Salah satu yang paling populer adalah konten berbentuk video yang disediakan di situs bernama YouTube. YouTube menyediakan konten berbentuk video juga layanan siaran langsung. Banyak yang membagikan pengalaman mereka pada situs YouTube dan menyebut diri mereka sebagai Youtuber yang mengunggah video buatan mereka untuk menghibur banyak orang. Belakangan ini, youtuber tidak selalu menunjukan wajah mereka, Virtual Youtuber atau biasa disebut vtuber menggunakan karakter digital yang berbentuk 2D maupun 3D untuk merepresentasikan diri mereka yang tidak tampil di depan kamera. Akhir-akhir ini konten vtuber berkembang pesat. Sedikit demi sedikit vtuber juga mulai muncul di kalangan mainstream, mulai dari muncul di iklan maupun menjadi salah satu staff di salah satu lembaga pemerintah. Berdasarkan hal tersebut, Dapat dikatakan vtuber mempunyai potensi menjadi sebuah media branding maupun menyampaikan informasi. Berdasarkan respon banyak orang khususnya penikmat konten vtuber, konsep vtuber sebagai media penyebaran informasi dan branding sangatlah mungkin terjadi. Bahkan sudah ada yang mulai menerapkan hal ini seperti kolaborasi Honda Beat x Kobo Kanaeru dan fenomena vtuber BMKG Gowa, Shinna Faultline. Dilihat dari kedua contoh tersebut, terbukti vtuber sebagai media penyebaran informasi juga media branding sangatlah efektif dan diterima secara positif oleh audiens.
Copyrights © 2025