Agrotek
Vol 6, No 1 (2014): Agro-UPY

Analisis Margin Pemasaran Semangka di daerah Istimewa Yogyakarta

Astuti, Ari (Fakultas Petrtanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yoyakarta)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2016

Abstract

Intisari Penelitian Mengenai Marjin Pemasaran Semangka Di Daerah Istimewa Yogyakarta, di lakukan di Kecamatan Panjatan  dan penelusuran pasar dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan penelitian mulai bulan September 2013 sampai dengan Februari 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pelaksanaan menggunakan metode survey. Lokasi penelitian untuk daerah produsen (petani) ditentukan secara purvosive yaitu Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Pedagang pengumpul, pengecer dan konsumen diambil dengan cara menelusuri jalur pemasaran semangka dan dibatasi sampai kota Yogyakarta. Hasil pengamatan diketahui terdapat tiga macam alur pemasaran semangka yaitu: 1). petani-pedagang pengumpul, 2). petani–pedagang pengumpul – pengecer dan 3). petani–pedagang pengumpul–pengecer–konsumen. Hasil perhitungan diketahui marjin  pemasaran  terbesar  terjadi  pada  alur  pemasaran  ketiga sebesar Rp. 2.987,5,-/kg. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa harga ditingkat petani, alur/tahap pemasaran dan lokasi pengecer mempunyai pengaruh nyata terhadap besar kecilnya marjin pemasaran. Kualitas dan kuantitas semangka tidak mempunyai pengaruh nyata terhadap besar kecilnya marjin pemasaran semangka.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

agrotek

Publisher

Subject

Description

Agro-UPY ISSN : 1978-2276 dierbitkan oleh Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas PGRI Yogyakarta. Fokus : Budidaya tanaman pertanian, Budidaya tanaman pangan, Budidaya tanaman hortikultura, Budidaya tanaman perkebunan, Pengendalian ...