Game online pada dasarnya ditujukan untuk menghilangkan kepenatan ataupun sekedar melakukan refreshing otak setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi, pada keyataannya permainan tersebut justru membuat individu menjadi kecanduan. Game online tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memberikan tantangan yang menarik untuk diselesaikan sehingga individu bermain game online tanpa mempertimbangkan dan memperhitungkan waktu demi mencapai kepuasan. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik yaitu suatu penelitian yang mendesain pengumpulan datanya dilakukan pada satu titik waktu. Berdasarkan umur remaja, paling banyak berumur 14 tahun yaitu 127 responden (76%). Berdasarkan jenis kelamin remaja, paling banyak adalah laki-laki yaitu 110 responden (65,9%). Durasi bermain game online pada remaja dilihat dari 167 responden berada pada tingkat sedang yaitu antara 3-7 jam dalam sehari. Kualitas tidur dari 167 responden mempunyai nilai rata-rata 72,9 yang berarti sebagian besar remaja mengalami gangguan kualitas tidur. Terdapat hubungan durasi bermain game online dengan kualitas tidur pada remaja dalam tinjauan Q.S Arrum:23 dengan menggunakan uji statistik Spearman dan didapatkan nilai p value=0,000 atau p value<0,05.
Copyrights © 2023