Research Trend in Technology and Management
Vol. 3 No. 4 (2025): Research Trend in Technology and Management

Algorithmic Satisfaction: Can AI Systems Meet Consumer Expectations and Enhance Satisfaction?

Aji Ahmadi Sasmi (Unknown)
Ikhwan, Muhammad (Unknown)
Musyaffi, Ayatullah Michael (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas informasi, ekspektasi pelanggan, dan persepsi kualitas terhadap kepuasan pelanggan dalam konteks penggunaan sistem berbasis kecerdasan buatan (AI) pada layanan e-commerce di Kabupaten Bekasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis SEM-PLS terhadap 350 responden, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekspektasi pelanggan, persepsi kualitas, dan kepuasan pelanggan. Selain itu, ekspektasi dan persepsi kualitas juga terbukti secara langsung memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini menegaskan pentingnya kualitas informasi dalam membentuk pengalaman konsumen yang positif dan mendorong perusahaan digital untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi AI guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi digital berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rttm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Research trends in technology and management (RTTM) is an English language journal which is published 3 times a year (February, July, November). RTTM aims to facilitate academics and practitioners to disseminate research results in management, accounting and technology using a variety including ...