Indigenous Biologi
Vol 8 No 2 (2025): INDIGENOUS BIOLOGI : JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS BIOLOGI

MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN BOOKLET DAN LKS KAHOOT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII

Tammar, Jeli Dembi (Unknown)
Ina, Anita Tamu (Unknown)
Tamaela, Kevin Andrea (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu proses pembentukan karakater melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengukur hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Umalulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menggunakan media booklet dan Lembar Kerja Siswa (LKS) kahoot. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada tahap prasiklus, 4 siswa mencapai ketuntasan belajar, sementara 23 siswa tidak tuntas. Setelah penerapan model pembelajaran Make A Match pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 siswa dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi menjadi 24 siswa. Sementara itu, keaktifan siswa juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus, 6 siswa yang menunjukkan keaktifan belajar. Siklus I ada peningkatan menjadi 17 siswa. Siklus II, seluruh siswa menunjukkan keaktifan dalam pembelajaran. oleh karena itu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan booklet dilengkapi LKS kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Umalulu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIBUKAW

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Indigenous Biologi (JIB) adalah jurnal menggunakan double blind peer review dan akses terbuka yang menerbitkan penelitian penting dan penting dari semua bidang bidang biosciences seperti keanekaragaman hayati, biosistematik, ekologi, fisiologi, perilaku, genetika dan bioteknologi. Meliputi ...