Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan nilai keislaman anak Down Syndrome di sekolah inklusi. Fokus utamanya adalah untuk memahami strategi pembelajaran yang digunakan guru PAI serta peran lingkungan sekolah dan keluarga dalam mendukung pembentukan nilai-nilai religius anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal ilmiah, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan tema pendidikan inklusif dan pembelajaran PAI. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menelaah konsep, teori, dan temuan yang mendukung pengembangan nilai keislaman pada anak Down Syndrome. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PAI bagi anak Down Syndrome di sekolah inklusi berjalan efektif apabila guru menerapkan strategi pembelajaran adaptif seperti demonstrasi, cerita, lagu, dan pembiasaan perilaku religius yang disesuaikan dengan kemampuan anak. Selain itu, keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh dukungan kolaboratif antara guru, sekolah, dan keluarga dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius, inklusif, dan penuh kasih sayang. Secara keseluruhan, pembelajaran PAI di sekolah inklusi berperan penting dalam membentuk karakter Islami anak Down Syndrome serta menumbuhkan kesadaran spiritual dan akhlak mulia secara bertahap
Copyrights © 2025