Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Studi Sosial

Pengembangan Buku Bacaan pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar

Lia Apriyanti (Unknown)
Pargito Pargito (Unknown)
Pujiati Pujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2017

Abstract

This study aims to: 1) produce reading books in social study that can be used as an alternative to improve learning activity of students and 2) determine the effectiveness of reading books in social studies. The Research and Develompent (R D) is used in this study. The process of developing reading book entitled "Merdeka Indonesiaku" used model Dick and Carey. Product development in the form of reading book " Merdeka Indonesiaku " tested on eighth grade students at SMP Cipta Karya, Lampung Timur, the effective use of reading book " Merdeka Indonesiaku" tested by t test. The analysis results show that t calculation t table (6,3112,045 means that there are differences in learning activity graders experiment that uses reading book " Merdeka Indonesiaku " with grade control using conventional.Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan buku bacaan pada mata pelajaran IPS yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan 2) mengetahui efektivitas buku bacaan pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RD). Proses pengembangan buku bacaan yang berjudul Merdeka Indonesiaku menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Produk pengembangan berupa buku bacaan Merdeka Indonesiaku diuji cobakan pada siswa kelas VIII di SMP Cipta Karya Lampung Timur. efektivitas penggunaan buku bacaan Merdeka Indonesiaku diuji dengan t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung t tabel (6,311 2,045), artinya terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan buku bacaan Merdeka Indonesiaku dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.Kata kunci: Aktivitas belajar, buku bacaan, IPS

Copyrights © 2017