Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

PENGARUH FILM ANIMASI OMAR DAN HANA DALAM KEMAMPUAN MENGENAL DOA HARIAN DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 3 ALAI KOTA PADANG

Mutiara Sukma Ireni (Unknown)
Asdi Wirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini didorong oleh belum maksimalnya kemampuan mengenal doa harian, yang terlihat saat kegiatan membaca doa bersama, sebagian anak kurang mampu merespon doa dan bagaimana cara mengucapkan lafal doa dengan baik dan benar ditandai dengan saat membaca doa anak hanya diam dan saling memandangi temannya. Selain itu, guru kurang bervariasi dalam memilih kegiatan untuk mengembangkan kemampuan mengenal doa harian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh film animasi Omar dan Hana dalam kemampuan mengenal doa harian di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 3 Alai Kota Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain Quasi Eksperimen. Seluruh murid TK Kemala Bhayangkari 3 Alai Kota Padang dari kelas B1 hingga B6 yang berjumlah 90 anak menjadi populasi penelitian ini. Dari jumlah tersebut, kelas B1 dipilih sebagai kelompok kontrol dan kelas B3 sebagai kelompok eksperimen, masing-masing terdiri atas 15 anak. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t yang diolah lewat SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil uji t, kolom sig pada Levene’s Test for Equality of Variances memperlihatkan angka 0,070 > 0,05, yang berarti 0,000 < 0,05. Berdasar kriteria uji t, nilai sig di bawah 0,05 menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, film animasi Omar dan Hana terbukti memberi pengaruh terhadap kemampuan anak mengenali doa-doa harian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...