Proses memilih guru paling berprestasi merupakan bagian penting sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Di SMAS Sultan Agung Puger, penilaian guru selama ini masih bersifat subjektif dan belum menggunakan sistem yang terstruktur. Dengan demikian, studi ini memiliki tujuan untuk merancang serta mengembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu proses pemilihan guru terbaik berdasarkan kriteria evaluasi administrasi pembelajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), karena metode ini mampu memberikan hasil peringkat yang objektif berorientasi pada tingkat kemiripan dengan solusi ideal. TOPSIS memiliki keunggulan dalam memperhitungkan nilai positif dan negatif dari masing-masing alternatif secara simultan. Hasil dari implementasi sistem menunjukkan bahwa guru dengan alternatif A4 memperoleh nilai preferensi tertinggi sebesar 1, sehingga terpilih sebagai guru terbaik. Sistem ini telah berhasil membantu memberikan hasil evaluasi yang lebih transparan, sistematis, dan objektif. Dengan demikian, sistem yang dibangun menggunakan metode TOPSIS terbukti efektif dalam mendukung proses pengambilan keputusan pemilihan guru terbaik berdasarkan data administrasi pembelajaran.
Copyrights © 2025