Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan analisis swot dalam strategi pemasaran untuk menigkatkan penjualan pada geleri AKUSIKKA. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kulaitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan penerapan analisis swot yang terdiri dari identifikasi kekuatan dan kelemahan serta identifikasi peluang dan ancaman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada Galeri AKUSIKKA memiliki kekuatan signifikan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan seperti kualitas yang tinggi dan nilai budaya produk tenun ikat, keterampilan yang turun temurun dari para pengrajin dan lokasi yang strategis. Namun galeri juga menghadapi tantangan dari faktor internal seperti keterbatasan bahan baku lokal dan persaingan dengan produk tekstil massal, serta faktor eksternal seperti perubahan preferensi konsumen dan dampak perubahan iklim.
Copyrights © 2024