Jurnal Accounting Unipa
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Accounting UNIPA

PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus pada Galeri AKUSIKKA Kabupaten Sikka)

Novianti Agatha Nona Elen, Katharina (Unknown)
Nona Dince, Maria (Unknown)
De Romario, Fransiscus (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan analisis swot dalam strategi pemasaran untuk menigkatkan penjualan pada geleri AKUSIKKA. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kulaitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan penerapan analisis swot yang terdiri dari identifikasi kekuatan dan kelemahan serta identifikasi peluang dan ancaman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada Galeri AKUSIKKA memiliki kekuatan signifikan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan seperti kualitas yang tinggi dan nilai budaya produk tenun ikat, keterampilan yang turun temurun dari para pengrajin dan lokasi yang strategis. Namun galeri juga menghadapi tantangan dari faktor internal seperti keterbatasan bahan baku lokal dan persaingan dengan produk tekstil massal, serta faktor eksternal seperti perubahan preferensi konsumen dan dampak perubahan iklim.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

accounting

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Accounting UNIPA merupakan jurnal penelitian Program Studi Akuntansi Universitas Nusa Nipa dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu akuntansi,Manajemen, Bisnis, Kewirausahaan, Ekonomi. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya ...