Bus Trans Padang Koridor 2 Rute RTH Imam Bonjol – Bungus Teluk Kabung merupakan salah satu moda transportasi publik di Kota Padang. Pelayanan Bus Trans Padang itu perlu memenuhi harapan penggunanya, namun saat ini pengguna merasa kurang puas, terutama dalam aspek kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Metode pengujian SEM-PLS yang digunakan dalam penelitian ini terbagi dua, yaitu outer model (model pengukuran) dan inner model (model struktural). Terdapat lima (5) variabel kepuasan penumpang yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu variabel reliability (waktu kedatangan bus), variabel tangibles (kebersihan interior, tempat duduk, dan jendela bus), variabel assurance (keramahan dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan), variabel responsiveness (transaksi yang dilayani atau dilaksanakan dengan cepat dan tepat) dan variabel emphaty (kepedulian petugas untuk mengingatkan penumpang yang akan turun). Hasil penelitian menyatakan bahwa 56% variabel kepuasan penumpang dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan (reliability, tangibles, assurance, responsiveness, dan empathy). Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan penumpang dalam penelitian ini adalah responsiveness (tanggapan petugas terhadap keluhan dan saran dari penumpang).
Copyrights © 2025