Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

Susanti, Susanti (Unknown)
Pomalato, Sarson W.Dj. (Unknown)
Resmawan, Resmawan (Unknown)
Hulukati, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menggunakan multimedia interaktif pada materi segitiga di kelas IV SDN 12 Bukal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah kelas IV berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berbentuk uraian yang telah melalui tahap uji validasi. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir kritis digunakan 4 indikator yaitu : 1) Identifikasi masalah, 2) Analisis, 3) Memecahkan masalah, dan 4) Menarik simpulan. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 12 Bukal setelah mengikuti proses pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif tergolong pada kategori sedang dan capaian persentase 66,00%. Selanjutnya untuk hasil setiap indikator juga tergolong pada kategori sedang karena mencapai persentase masing-masing identifikasi masalah 72,92%, analisis 64,58%, memecahkan masalah 63,89%, dan menarik kesimpulan 60,94%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...