Pembelajaran dengan metafora merupakan pembelajaran yang mengubah konsep matematika yang bersifat abstrak menjadi konkrit melalui kegiatan menghubungkan konsep dengan materi yang sudah diketahui sebelumnya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan pembelajaran dengan metafora dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sedangkan metode penelitian ini adalah teknik dokumentasi yaitu menghimpun informasi dari buku, jurnal, skripsi, tesis, dan website internet yang relevan dengan topik penelitian dengan cara membaca, memahami, dan menganalisis sumber-sumber tersebut. Sumber data yang digunakan berupa sumber data utama dan pendukung yang berasal dari penelitian sebelumnya. Hasil temuan penelitian yaitu pembelajaran dengan metafora: (1) dapat mengubah konsep matematika yang abstrak menjadi konkrit melalui kegiatan menghubungkan konsep dengan materi sebelumnya dan kehidupan nyata, (2) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, (3) dapat memberikan semangat kepada siswa untuk belajar dan membuat siswa tertarik terhadap matematika, (4) secara tidak langsung siswa mengalami proses berpikir metafora melalui tahapan CREATE (Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform, dan Experience). Berdasarkan peranan pembelajaran dengan metafora akan membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Copyrights © 2023