Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

PERANAN PEMBELAJARAN DENGAN METAFORA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Usmadi, Usmadi (Unknown)
Ningsih, Nova Fitria (Unknown)
Ergusni, Ergusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran dengan metafora merupakan pembelajaran yang mengubah konsep matematika yang bersifat abstrak menjadi konkrit melalui kegiatan menghubungkan konsep dengan materi yang sudah diketahui sebelumnya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan pembelajaran dengan metafora dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sedangkan metode penelitian ini adalah teknik dokumentasi yaitu menghimpun informasi dari buku, jurnal, skripsi, tesis, dan website internet yang relevan dengan topik penelitian dengan cara membaca, memahami, dan menganalisis sumber-sumber tersebut. Sumber data yang digunakan berupa sumber data utama dan pendukung yang berasal dari penelitian sebelumnya. Hasil temuan penelitian yaitu pembelajaran dengan metafora: (1) dapat mengubah konsep matematika yang abstrak menjadi konkrit melalui kegiatan menghubungkan konsep dengan materi sebelumnya dan kehidupan nyata, (2) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, (3) dapat memberikan semangat kepada siswa untuk belajar dan membuat siswa tertarik terhadap matematika, (4) secara tidak langsung siswa mengalami proses berpikir metafora melalui tahapan CREATE (Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform, dan Experience). Berdasarkan peranan pembelajaran dengan metafora akan membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...