Kemampuan visual spasial adalah kemampuan seseorang untuk membayangkan, menentukan, dan membangun dalam konteks keruangan. Pembelajaran matematika khususnya geometri membutuhkan kemampuan visual spasial untuk dapat memahami konsep-konsep keruangan. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan visual spasial siswa adalah perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa berdasarkan jenis kelamin di kelas VIII SMP Al-Irsyad Banyuwangi pada materi bangun ruang sisi datar balok. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki kelas VIII yang memiliki nilai tes tertinggi dan komunikatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara, yang hasilnya ditriangulasikan berdasarkan indikator kemampuan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek perempuan mampu memenuhi 4 dari 5 indikator yang ditentukan. Sedangkan subjek laki-laki mampu memenuhi semua indikator yang ditentukan. Subjek perempuan belum maksimal karena kurang dapat berimajinasi tentang bidang diagonal pada balok. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan subjek berkemampuan sedang dan rendah, atau pada subjek di tingkatan lainnya.
Copyrights © 2023